5 Penyebab Buah Hati Anda Susah Makan dari SehatQ

  • Whatsapp
5-Penyebab-Buah-Hati-Anda-Susah-Makan-dari-SehatQ
Foto dari Canva Pro

Masalah nafsu makan anak yang menurun bukan masalah yang acap Anda alami sendiri. Jika si kecil susah makan sejak usia dini, Anda bisa merangsangnya dengan memberikan makanan yang disukai, meletakkan celemek makan bayi yang punya motif kesukaan di dada atau membeli set peralatan makan lucu. Bila anak masih enggan makan meski sudah memberikan jenis makanan bernutrisi, maka segera mencari tahu penyebab anak susah makan.

Penyebab anak mengalami susah makan

Pada anak usia dini yang mulai mengenal jenis makanan, nafsu makan memang sering berubah karena mereka mulai memilih makanan yang disukai dan makanan yang tidak disukai. Selain itu, ada beberapa kondisi yang menyebabkan anak mengalami penurunan nafsu makan yaitu :

1. Diare

Bisa jadi penyebab anak susah makan karena ia mengalami diare sebab terinfeksi virus atau bakteri. Perhatikan perubahan nafsu makan anak seiring dengan intensitas pergi ke kamar mandi. Segera lakukan penanganan dengan memberikan larutan oralit atau membeli obat diare sesuai dengan resep dokter di toko obat terdekat.

2. Susah BAB

Penyebab si kecil enggan menikmati makanan dan menolak makan karena ia mengalami sembelit. Tidak anak-anak berusia lebih besar saja yang mengalami susah BAB, bayi juga bisa mengalami hal yang sama. Sebaiknya Anda selalu mengecek intensitas buang air besar anak sesuai dengan perkembangan usia, khususnya bayi yang mulai mendapatkan MPASI. Berikan penanganan sesuai arahan dokter bila bayi mengalami sulit BAB dan berikan ASI secara eksklusif.

3. Kondisi medis Eosinophilic esophagitis

Merupakan kondisi medis sel darah putih menumpuk di kerongkongan sehingga anak mengalami alergi pada jenis makanan tertentu, contohnya susu, kacang-kacangan, telur, ikan, dan lain-lain. Meski Anda meletakkan celemek makan bayi, mereka tetap menolak makanan karena gejala pembengkakan di tenggorokan. Jika anak Anda mengalami kondisi medis ini, segera lakukan konsultasi dan penanganan lanjut ke dokter terpercaya.

4. Masalah sistem imun

Reaksi sistem imun bisa menjadi masalah penurunan keinginan si kecil menikmati makanan. Hal ini dikarenakan reaksi sistem imun menyebabkan intoleransi makanan sehingga tubuh tidak mampu mencerna makanan. Biasanya gejala masalah intoleransi makanan terlihat dari reaksi anak yang mual, muntah atau sakit perut saat makan. Periksakan kesehatan si kecil agar Anda bisa menghindari jenis makanan yang menyebabkan intoleransi makanan seperti gluten, laktosa dan gandum.

5. Mengalami gangguan organ

Gangguan organ ginjal dan hati merupakan penyebab anak susah makan yang harus Anda waspadai sejak dini. Bila anak tetap tidak mau makan sehingga berpotensi menurunkan berat badan secara signifikan, Anda harus segera konsultasi dengan dokter anak terbaik.

Beberapa penyebab susah makan karena kondisi medis tertentu harus Anda ketahui guna mencegah masalah kesehatan lebih serius. Jika kondisi anak bagus tapi enggan makan, Anda mungkin harus tahu penyebab lain. Bisa saja anak memang tidak menyukai jenis makanan yang Anda berikan, makanya Anda perlu berbicara dengan si kecil lebih dulu. Biarkan ia nyaman belajar makan dengan mendapatkan dukungan optimal dari Anda.

Jangan memaksa memberi makanan yang tidak disukai anak-anak, tapi kenalkan dengan inovasi makanan yang unik. Berikan celemek makan bayi dan biarkan ia menyendok potongan-potongan makanan sendiri. Jika Anda masih belum menemukan ide meningkatkan nafsu makan anak, sebaiknya mencari ulasan terkait tips trik atau ragam informasi kesehatan di SehatQ. Review dari pengguna lain terkait fitur chat dokter gratis, konsultasi virtual atau kunjungan terjadwal untuk pemeriksaan kesehatan si kecil bisa Anda pertimbangkan lebih lanjut, ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *