7 Menu Wajib yang Harus Dikonsumsi Lansia

  • Whatsapp
7-Menu-Wajib-yang-Harus-Dikonsumsi-Lansia
Foto dari Canva Pro

Orang tua yang sudah usia lanjut harus dipantau dan dibimbing dalam memenuhi asupan nutrisi harian. Sebaiknya Anda mengurangi konsumsi garam, gula dan rendah lemak pada orang tua yang rentan mengalami masalah kesehatan saat usia senja mereka. Boleh menambah rasa makanan seperti rempah-rempah dan mengolah makanan dengan cara sehat seperti direbus atau minim penggunaan minyak goreng. Pastikan kebutuhan serat harian mereka tercukupi agar orang tua tidak mengeluh sembelit, ya!

Menu harian apa saja yang wajib diberikan pada lansia?

Agar kebugaran dan metabolisme tubuh orang tua tetap terjaga, Anda harus memberikan menu harian yang kaya nutrisi berikut :

1. Ikan

Orang tua harus tetap konsumsi ikan laut yang kaya protein guna menambah massa otot mereka seperti ikan mackerel, tuna, salmon, dan lain-lain. Namun, hindari konsumsi ikan tongkol yang mengandung merkuri dan daging merah yang mengandung lemak tinggi.

2. Telur

Selain konsumsi ikan laut, Anda wajib memberikan asupan protein dari telur. Kandungan vitamin dan mineral pada telur sangat baik bagi kesehatan mereka, terlebih konsumsi telur sangat mudah dan praktis. Namun, Anda harus mengetahui terlebih dahulu riwayat alergi yang mungkin diderita lansia sebelum konsumsi telur secara rutin.

3. Daging ayam

Menu kaya protein yang wajib Anda masukkan dalam makanan jarian orang tua adalah daging ayam. Tak hanya protein saja, daging ayam mengandung vitamin B12 dan zat besi yang baik dalam menjaga berat badan lansia tetap seimbang.

4. Kacang-kacangan

Pilih menu atau camilan sehat seperti kacang-kacangan untuk orang tua antara lain kacang almond, kenari dan kacang tanah. Pada kacang-kacangan, lansia bisa mengkonsumsi dalam bentuk pasta atau selai yang lebih praktis. Kandungan kacang-kacangan kaya vitamin B6, kalsium, kalium, magnesium, dan tidak tinggi lemak.

5. Sayuran

Kebutuhan serat harian tidak lepas dari peran sayuran seperti tomat, bayam dan wortel. Bisa memilih jenis sayuran hijau lain yang kaya vitamin dan mineral untuk mendukung sistem metabolisme tubuh lansia yang mulai menurun.

6. Buah-buahan

Selain sayuran, orang tua bisa mendapatkan asupan serat harian dari konsumsi buah-buahan secara rutin. Penting untuk memberikan menu buah yang kaya kandungan air seperti pisang, melon, alpukat, stroberi, dan lain-lain. Upayakan memberikan buah yang tidak kaya gula alami pada lansia yang menderita penyakit diabetes, misalnya apel hijau.

7. Susu rendah lemak

Jangan lupa memberikan produk susu rendah lemak untuk memenuhi kebutuhan gizi secara optimal. Apalagi orang tua sering mengeluh alami penurunan nafsu makan, Anda bisa memberikan minimal segelas susu rendah lemak setiap hari. Tak hanya bisa meningkatkan massa otot, susu bisa memberikan manfaat berat badan lansia tetap ideal tanpa risiko obesitas.

Selain memberikan menu harian dari beberapa asupan makanan di atas, sebaiknya Anda tetap memberikan makanan kaya karbohidrat dalam jumlah yang cukup atau sesuai rekomendasi dokter. Makanan kaya karbohidrat seperti nasi, jagung, kentang atau gandum bisa diberikan sesuai resep ahli gizi. Pastikan saja Anda memasak makanan kaya karbohidrat sebagai penambah energi dalam tekstur lebih lembut atau bubur guna mempermudah orang tua mengkonsumsinya.

Yuk, perhatikan kesehatan orang tua dengan memberikan kebutuhan serat harian yang tercukupi! Anda bisa membeli produk catering sehat secara rutin atau membuatkan menu sendiri di rumah. Toh, ada banyak resep menu makanan sehat yang bisa Anda praktikkan dengan mudah untuk orang tua tercinta. Lansia sehat dan produktif meski usia senja, kenapa tidak?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *