Berbeda Jaringan Seluler, Ini 5 Tips Tetap eksis Selama Liburan di Luar Negeri

  • Whatsapp
Berbeda-Jaringan-Seluler-Ini-5-Tips-Tetap-eksis-Selama-Liburan-di-Luar-Negeri
Foto dari Canva.com Photos Unlimited

Ketika Anda jalan-jalan ke destinasi wisata yang ada di dalam negeri, Anda mungkin hanya perlu memikirkan tentang biaya berlibur, tiket pesawat, dan tempat penginapan. Berbeda ceritanya jika Anda jalan-jalan ke luar negeri. Ada banyak hal yang perlu Anda sesuaikan, termasuk SIM Card atau jaringan seluler yang Anda pakai. Apakah Anda harus membeli paket roaming atau cukup mengandalkan wifi publik saja?

Masalah jaringan seluler ini seringkali terlupakan. Akibatnya, Anda terputus dengan dunia digital sesampainya di luar negeri. Handphone Anda menjadi tidak berguna karena hanya bisa digunakan untuk mengabadikan momen saja. Mau update status atau upload foto pun tidak bisa karena tidak ada koneksi.

Agar Koneksi Internet Tetap Lancar Saat di Luar Negeri

Lalu, bagaimana caranya agar bisa tetap eksis dan terhubung ke dunia maya selama liburan ke luar negeri? Ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti, yaitu :

1. Manfaatkan wifi yang tersedia di penginapan

Yang pertama, manfaatkan wifi di penginapan. Wifi yang ada di tempat penginapan biasanya bisa dipakai secara gratis oleh orang-orang yang menginap di sana. Anda bisa memanfaatkan wifi ini sepuasnya. Mau mengunggah foto, update status, atau sekedar menghubungi keluarga di rumah, bisa saja.

Kekurangannya adalah Anda hanya terhubung ke internet. Anda tidak bisa menelepon orang lain maupun menerima telepon. Begitu juga dengan pesan. Selama berada di luar penginapan, Anda tidak memiliki akses internet kecuali tersedia wifi di tempat umum.

2. Manfaatkan wifi publik

Yang kedua, Anda bisa memanfaatkan wifi yang tersedia di tempat umum. Tidak ada salahnya menjadi fakir wifi selama berlibur ke luar negeri. Jika Anda memutuskan demikian, Anda perlu rajin-rajin mencari koneksi wifi yang tersedia.

Namun ingat, wifi publik ini sangat rentan dengan pencurian data sehingga Anda perlu memakainya secara bijak. Hindari membuka aplikasi mobile banking dengan menggunakan jaringan wifi publik ini.

3. Beli paket roaming

Yang ketiga dan sangat disarankan adalah membeli paket roaming. Ini merupakan paket data luar negeri yang disediakan oleh penyedia jaringan seluler di Indonesia. Dengan mengaktifkan paket ini, Anda tetap bisa menggunakan SIM card Anda selama berada di luar negeri. Anda masih bisa menerima dan membuat panggilan telepon, menerima dan mengirim pesan, serta mendapatkan akses internet.

Ketika berada di luar negeri, sinyal jaringan seluler Anda akan terhubung ke jaringan yang tersedia. Jika Anda tidak mengaktifkan paket ini, Anda akan lebih banyak menghabiskan biaya.

4. Gunakan sim card dari negara tujuan

Yang keempat, Anda bisa menggunakan SIM Card negara tujuan. Misalnya Anda berlibur ke Singapura. Ketika sampai di sana, Anda bisa membeli SIM Card yang tersedia kemudian menggunakannya. Dengan ini, Anda bisa tetap eksis dan bisa dihubungi dengan mudah meskipun dengan cara yang ribet karena harus mencari penjual SIM Card lebih dulu.

5. Sewa travel wifi

Yang kelima, Anda bisa menyewa travel wifi. Ini merupakan wifi portable yang bisa Anda bawa ke mana-mana termasuk ke luar negeri. Satu device travel wifi bisa terhubung ke banyak smartphone sekaligus. Jadi, Anda bisa patungan dengan teman Anda untuk menyewa wifi portable ini.

Nah, itulah 5 tips tetap eksis dan mudah dihubungi selama berlibur di luar negeri. Ada banyak pilihan yang tersedia, mulai dari menjadi fakir wifi, mengaktifkan paket roaming, hingga menyewa travel wifi. Apapun pilihan yang Anda buat, pastikan itu yang terbaik buat Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *