Ini Dia Alasan Perusahaan Harus Menerapkan Employee Self Service

  • Whatsapp
Ini-Dia-Alasan-Perusahaan-Harus-Menerapkan-Employee-Self-Service
Foto dari Canva Pro

Pernahkah Anda mendengar istilah Employee Self Service atau ESS? Ya, istilah yang satu ini sudah biasa terdengar di perusahaan. Tahukah bahwa keberadaan ESS bagi sebuah perusahaan itu sangat penting. Di bawah ini akan dijelaskan mengapa sebuah perusahaan harus menerapkan ESS.

Apa Itu Employee Self Service?

ESS adalah sebuah fitur yang ditawarkan dari sistem Human Resource Information System (HRIS) yang canggih dan modern. ESS juga merupakan sebuah portal yang akan digunakan oleh para karyawan untuk melakukan sign in ke akun masing-masing dengan tujuan untuk mengakses data human resource yang dimiliki.

Nah, data ini digunakan untuk mengakses informasi pribadi dari karyawan termasuk jatah cuti yang dimiliki. Tidak hanya itu saja, ESS juga bisa digunakan untuk menyampaikan request cuti mulai dari cuti sakit, izin atau keperluan lainnya kepada pihak manajer.

Alasan Perusahaan Harus Menerapkan ESS

Ada banyak alasan mengapa perusahaan harus menerapkan ESS ini. Adanya ESS sangat menguntungkan berbagai pihak baik itu karyawan ataupun pihak perusahaan itu sendiri. Dengan menggunakan ESS karyawan akan lebih mudah dalam mengakses informasi yang dimiliki mulai dari alamat hingga nomor telepon yang bisa dihubungi.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, dengan adanya ESS proses pengajuan cuti menjadi lebih mudah. Lebih menariknya lagi, ESS kini juga bisa diakses melalui ponsel lho. Dengan demikian, proses pengecekan bisa dilakukan di mana saja.

Lantas, bagaimana keuntungan bagi perusahaan? Ketika sebuah perusahaan menggunakan ESS, maka perusahaan mendapatkan keuntungan secara real-time dalam hal memantau produktivitas dari karyawan melalui absensi karyawan ini.

Tidak hanya itu saja, adanya ESS juga membuat perusahaan bisa lebih menghemat biaya operasional yang tadinya dilakukan proses pencatatan absensi manual. Dengan demikian, karyawan yang tadinya harus lembur jadi tidak perlu lembur lagi dengan adanya hal ini. Selain itu, tingkat akurasinya juga jauh lebih tinggi dibandingkan dengan cara manual.

Jika melihat keuntungan yang diterima baik oleh karyawan ataupun pihak perusahaan di atas. Bukankah ini sudah menjadi alasan utama mengapa sebuah perusahaan harus menerapkan Employee Self Service. Semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *