Keluar dari Siklusnya, Ini 5 Penyebab Telat Haid dan Solusinya

  • Whatsapp
Keluar-dari-Siklusnya-Ini-5-Penyebab-Telat-Haid-dan-Solusinya
Foto dari Canva Pro

Haid merupakan siklus bulanan bagi seorang perempuan yaitu berupa proses pengeluaran sel telur yang telah masak dan tidak dibuahi. Pengeluaran sel telur dari indung telur ini terkadang disertai dengan luruhnya dinding rahim. Nyeri yang muncul salah satunya disebabkan oleh hal tersebut. Meskipun disebut sebagai siklus rutin, namun haid juga dapat terjadi di luar siklusnya.

Penyebab Telat Haid Lengkap dengan Solusinya

Siklus haid dihitung mulai dari keluarnya darah pertama pada bulan ini hingga keluarnya darah pertama pada bulan selanjutnya. Siklus terlama haid umumnya 21-35 hari. Lebih dari itu dapat dikatakan telat dikarenakan siklus haid terjadi di tanggal-tanggal yang sama setiap bulannya. Penyebab telat haid dan solusinya dapat Anda cermati pada uraian berikut ini.

1. Kurangnya Gizi yang Diserap oleh Tubuh

Sebagian besar orang mengira bahwa banyak makan maka banyak gizi yang akan diserap, sehingga bobot tubuh menjadi ideal. Padahal, perlu diperhatikan menu makanan keseharian, apakah sudah memenuhi kebutuhan dari unsur-unsur gizinya seperti karbohidrat, protein, mineral, dan unsur lainnya. Kekurangan salah satu dari unsur gizi dalam tubuh akan menyebabkan metabolisme tubuh terganggu. Salah satunya yaitu terganggunya siklus haid yang biasanya tepat waktu menjadi terlambat.

Solusi dari telat haid yang disebabkan kurangnya gizi di tubuh ini, bisa dikonsultasikan ke dokter terlebih dahulu. Karena penyebab kurangnya gizi pun bermacam-macam. Bisa dikarenakan malnutrisi, kegagalan pada organ pencernaan, atau pengaruh hormon. Hal penting yang harus dilakukan adalah tetap penuhi kebutuhan gizi tubuh, makan-makanan yang bergizi tinggi disertai olahraga.

2. Lemak Tubuh Berlebih (Obesitas)

Kebalikan dari uraian sebelumnya, gizi yang diserap tubuh secara berlebihan akan disimpan dalam bentuk cadangan makanan berupa lemak dalam tubuh. Penumpukan lemak ini menyebabkan obesitas kemudian kerja  hormon menjadi berubah. Solusinya mudah, cukup melakukan diet sehat yaitu kalori yang dikeluarkan oleh tubuh lebih besar daripada yang diserap. Dalam hal ini berarti, nutrisi yang dimakan tidak boleh lebih daripada aktivitas yang dilakukan.

3. Stres

Penyebab telat haid ini sering terjadi pada wanita yang bekerja di bawah tekanan.  Stres dapat mengakibatkan telat haid dikarenakan perubahan hormon. Terganggunya hormon pengatur siklus haid yaitu hipotalamus akan mengubah siklus haid yang tadinya rutin menjadi terlambat atau bahkan lebih cepat. Solusinya dengan mengubah life style yang lebih sehat dan dilakukan secara rutin maka siklus haid akan kembali normal.

4. Masalah Kelenjar Tiroid

Kelenjar tiroid atau orang lebih mengenalnya sebagai kelenjar ludah memiliki fungsi pengatur metabolisme dalam tubuh. Adanya gangguan pada kelenjar ini juga akan menyebabkan terganggunya siklus menstruasi. Indikasi dari gejala kelenjar tiroid yang bermasalah adalah berat badan berubah drastis, kelelahan, indra peraba lebih sensitif terhadap suhu. Cara mengatasi masalah ini dapat dilakukan dengan mengkonsumsi obat sesuai anjuran dokter atau dilakukan operasi.

5. Adanya penyakit

Penyakit yang dapat menyebabkan gangguan pada siklus haid yaitu penyakit kronis seperti gula darah. Kadar gula dalam darah yang tidak stabil dapat menyebabkan perubahan hormon dan menyebabkan terlambat haid. Ada pula penyakit yang berhubungan langsung dengan sistem reproduksi seperti kanker rahim. Solusi dari penyebab yang satu ini adalah lebih tepat konsultasikan ke dokter agar lebih spesifik dalam mengatasi masalahnya.

Jangan anggap remeh jika siklus haid Anda terlambat. Banyak faktor yang perlu kita tahu agar mudah dan berhati-hati dalam menjaga organ reproduksi. Salah satunya adalah mengetahui  penyebab telat haid dan solusinya yang telah dibahas pada uraian sebelumnya. Jangan pernah ragu untuk konsultasi kepada dokter, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada organ reproduksi.

Haid  merupakan siklus bulanan bagi seorang perempuan yaitu berupa proses pengeluaran sel telur yang telah masak dan tidak dibuahi. Pengeluaran sel telur dari indung telur ini terkadang disertai dengan luruhnya dinding rahim. Nyeri yang muncul salah satunya disebabkan oleh hal tersebut. Meskipun disebut sebagai siklus rutin, namun haid juga dapat terjadi di luar siklusnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *