Tips Nyaman Ganti Popok Bayi Saat Travelling

  • Whatsapp
Tips-Nyaman-Ganti-Popok-Bayi-Saat-Travelling
Foto dari Canva Pro

Liburan atau mudik ke kampung halaman dengan membawa bayi memang butuh persiapan ekstra, salah satu yang tak boleh ketinggalan adalah popok bayi. Apalagi jika Anda menggunakan jalur darat, tentu butuh banyak popok agar bisa diganti dimanapun. Berikut ini sederet tips yang perlu diketahui, agar bayi dan Anda bisa nyaman saat proses ganti popok.

4 Tips Nyaman Ganti Popok Bayi

Agar kenyamanan maksimal bisa dirasakan ketika bepergian membawa bayi, pastikan Anda melakukan empat tips berikut ini:

  •  Siapkan Tas Khusus

Bawa tas khusus yang isinya semua perlengkapan ganti popok, letakkan tas tersebut dekat dengan tempat duduk Anda. Bila memungkinkan letaknya berdampingan dengan tas khusus susu dan makanan si kecil, agar tidak membuat Anda kelabakan jika harus membuka koper yang letaknya jauh entah dimana.

  • Durasi Ganti Popok

Sesuai anjuran ahli kesehatan popok bayi harus diganti maksimal setiap tiga jam, sebagai upaya mengurangi resiko iritasi kulit. Apalagi Anda dalam perjalanan jauh, yang mungkin tidak bisa seenaknya berhenti mencari tempat untuk membersihkan si kecil dengan air bersih.

  • Steril Sebelum dan Sesudah

Anda juga harus memastikan kondisi steril di lokasi mengganti popok bayi, bisa dengan menyemprotkan desinfektan terlebih dahulu atau membersihkan dengan tisu basah higienis. Begitu juga dengan tangan Anda, yang juga harus steril dan bersih sebelum melakukan ritual ganti popok si kecil.

  • Jangan Simpan Popok Bekas

Setiap selesai mengganti popok, usahakan untuk langsung memasukkannya kedalam kantong plastik khusus dan membuangnya ke tong sampah terdekat. Jangan sampai membawa popok bekas selama perjalanan, selain aromanya tidak sedap juga bisa jadi media penyebaran kuman.

Ini Isi Tas Khusus Popok yang Wajib Ada

Ingat! Di dalam tas khusus popok untuk si kecil, Anda harus mempersiapkan semua barang pendukung yang tepat. Jadi, proses ganti popok jadi cepat dan si kecil tetap nyaman. Apa saja isi tas tersebut?

  • Tisu Basah

Gunanya untuk membersihkan bagian pinggang ke bawah bayi setelah popok dibuka, agar bersih dari sisa kotoran.

  • Tisu Kering

Dipakai setelah penggunaan tisu basah, agar bagian pantat dan area sensitif bayi tidak lembab dan tidak menimbulkan gatal dan iritasi.

  • Kantong Plastik

Beberapa kantong plastik wajib ada, sebagai tempat membuang popok bekas, sebelum menempatkannya di tong sampah.

  • Popok Baru

Anda harus memperhitungkan berapa lama perjalanan, sehingga bisa dikalkulasikan berapa jumlah popok baru yang harus tersedia dalam tas popok tersebut. Jika perjalanan hanya berkisar satu hingga tiga jam, butuh minimal tiga popok baru.

  • Perlak Ganti Popok

Usahakan untuk selalu membawa perlak khusus untuk ritual ganti popok, apalagi kalau Anda bepergian dengan kendaraan umum karena kebersihan lokasi ganti popok tentu tidak bisa diketahui pasti. Beda halnya jika Anda bepergian dengan kendaraan pribadi, dimana ganti popok bisa dilakukan di dalam kendaraan saja.

  • Hand Sanitizer

Fungsinya, untuk sterilisasi tangan Anda usai mengganti popok si kecil. Sehingga terhindar dari berbagai jenis virus dan bakteri, yang mungkin saja bertebaran di area ganti popok tersebut.

Sudah siap untuk membawa si kecil travelling? Selama Anda menggunakan tips nyaman untuk ganti popok bayi di atas, maka perjalanan akan minim masalah. Sebab si kecil akan selalu merasa nyaman, tanpa keluhan iritasi dan masalah kesehatan. Happy travelling!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *